Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan adalah Prioritas Kami...
News

Cara Merawat & Memilih Sepatu atau Tas Kulit

23 Mei 2011

Memilih dan merawat sepatu kulit. (Foto: Getty Images)okezon.com, MEMILIH sepatu yang salah akan mengubah penampilan. Karena itu, pilihlah sepatu sesuai keperluan dan selera Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penampilan yang optimal. 


Berikut beberapa tip memilih sepatu.

- Jenis Sepatu yang hendak dibeli meliputi bentuk, tinggi hak dan sebagainya perlu diperhatikan. 
Mengetahui jenis sepatu atau merek yang paling ideal dengan kaki. 

- Cobalah sepatu dengan memerhatikan ukuran kaki dimana saat siang hari menjadi besar sehingga waktu itulah yang tepat untuk membeli sepatu yaitu untuk menghindari kesempitan. 

- Sebelum membeli, cobalah berjalan di lantai. Sebaiknya mencari tempat yang lantainya yang keras. 

Inilah yang penting, yaitu tidak terlalu memikirkan pendapat orang lain. Selama nyaman, Anda bebas menentukan pilihan. 
 
- Setelah membeli, yang tidak kalah pentingnya untuk Anda lakukan adalah merawat sepatu. Dulu, sepatu berfungsi sebagai alas dan pelindung kaki. Namun seiring dengan perkembangan mode, sepatu telah menjadi bagian dari alat ekspresi diri dan status. 

Semua orang, baik tua maupun muda, laki-laki atau perempuan, menggunakan sepatu tidak hanya sebagai fungsinya. Sepatu yang baik, selain bentuk dan nyaman saat dikenakan, harus sesuai dengan trend fashion yang sedang berkembang. Bahkan, banyak orang yang menjadikan sepatu sebagai koleksi pribadi.

- Satu lagi, agar sepatu tidak cepat terlihat usang dan kotor, diperlukan perawatan. Berikut beberapa cara perawatan yang dapat Anda lakukan untuk koleksi sepatu Anda.

- Bersihkan Sepatu dengan sikat sepatu yang lembut dan kering setelah selesai digunakan untuk mengnhilangkan debu. Setelah bersih, simpan ditempat yang kering. 

- Bersihkan dengan air apabila kena noda sesegera mungkin. Sepatu boleh dicuci dengan sabun lembut. Sikat yang lembut dan halus, pakai sabun dan air bila diperlukan tetapi tidak mengandung pemutih. Itu dilakukan agar warna serta gambar tidak pudar dan tahan lama. 
 
- Kemudian, aksesori seperti tas menjadi pelengkap yang pas untuk dimatchingkan dengan sepatu yang Anda kenakan. 

Memilih tas bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyaknya tas yang dijual dipasaran dengan beragam model dan ukuran membuat bingung dalam memilih mana yang sesuai. 

Inilah beberapa tip untuk mengurangi kebingungan dan tas yang dipilih nyaman dipakainya.

- Hadapkan tas pada cermin. Tujuannya, mengetahui tas tersebut cocok atau tidak dengan tubuh atau kepribadian. 

Sesuaikan bentuk dan proporsi. Bentuk tas haruslah kebalikan dari bentuk tubuh, tas berstruktur cocok untuk orang bertubuh gemuk, sementara tas yang lebih simpel lebih cocok untuk si kurus. Tas kecil akan membuat si tubuh gemuk terlihat lebih gemuk, sementara tas besar akan membuat si kecil terlihat 'tenggelam'. 

- Perhatikan penempatan. Tas bahu bertali yang jatuh di bagian paling besar dari tubuh Anda akan membuat bagian itu terlihat semakin besar. 

Pemilik dada besar sebaiknya memilih tas yang jatuh di bawah pinggang. Sementara yang berpinggul besar cocok sekali dengan tas yang jatuh di bawah ketiak. Tubuh kecil pas sekali dengan tas bertali pendek. Sebab, tas bertali panjang akan membuatnya terlihat kedodoran. 

- Kenyamanan dan kekuatan. Kalau biasa membawa banyak barang ke kantor, tas bahu akan membuat leher terasa sakit. Lebih baik pilih tas tangan untuk tugas berat ini. Kalau talinya terbuat dari bahan kaku atau memiliki tepian yang keras tentunya akan menyakiti kulit. 

- Untuk menguji berkaitan dengan kekuatan, coba masukkan tas dengan beban yang biasa ada di tas lama, lalu bawa tas itu apakah cukupkah atau terlalu berat? Banyak tas dibuat dengan bahan yang berat sehingga membuat tas itu sendiri semakin berat bahkan sebelum diisi. 

Dengan memasukkan benda ke tas tersebut kita jadi tahu apakah total beban keseluruhan masih dapat tanggung  atau tidak. Selain itu, juga bisa kembali ke wujud semula setelah dimasuki banyak barang. Tas yang dipakai sehari-hari sebaiknya memiliki daya tahan kuat seperti kanvas atau kulit. 

- Keamanan. Tas tanpa penutup memberikan ruang lebih luas dan lebih mempermudah Anda untuk mengambil barang. Namun negatifnya tas seperti ini kurang aman. Cek apakah ada kompartemen untuk menyimpan barang dengan aman di dalam tas. Kalau tidak, sebaiknya Anda menaruh tas kecil di dalam tas tersebut agar lebih aman. 

- Kecocokan dan warna. Cocokkan tas dengan event yang Anda hadiri. Jangan pakai tas kasual ke acara resmi atau sebaliknya. Berikan total look yang maksimal! Warna yang pas dengan kebutuhan yaitu warna cerah akan membantu untuk mengalihkan fokus orang dari kekurangan tubuh Anda. 
 
- Setelah mendapatkan tas yang sesuai dengan pilihan Anda, jangan lupa untuk melakukan perawatan. Terutama tas berbahan kulit, pilihlah perawatan khusus yang dapat menjaga tekstur kulit tetap bagus dan bebas jamur.

- Merawat tas kulit antara lain menghindari atau  membersihkan tas dari jamur yang disebabkan udara lembap. Coba kasih silica gel (cari di apotek) saja di dalam Tas Impor dan sepatu supaya tidak jamuran. 

- Kalau yang berjamur di bagian dalam coba bersihkan pakai sikat halus baru kemudian lap dengan lap yang kering. Jangan lupa sekali yang jarang dipakai dan disimpan dilemari diangin-anginkan supaya tidak lembap dan jamuran. 

- Pakai silica gel memang efektif bisa juga ditambah dengan pemakaian produk anti lembab yang bisa ditaruh di dalam lemari yang banyak dijual seperti Bagus dan sebagainya. 

Produk ini gunanya untuk menyerap lembap di dalam lemari, di club store kayanya ada beberapa merek yang jual termasuk yang dari luar. Apalagi musim hujan pasti udaranya suka lembap. 

- Jangan memaksakan memasukkan benda yang terlalu banyak ke dalam tas. Selain bisa merusak ritsleting, bentuk tas juga bisa berubah.

(Genie/Genie/nsa)



Baca juga
  » 15 April 2014
Jaket Kulit Domba Garut, Diburu Warga Biasa hingga Gubernur
Selain dodol, Kabupaten Garut Jawa Barat tersohor dengan kerajinan kulit asli domba. Kulit tersebut disulap menjadi ragam produk berkualitas tinggi sehingga banyak diburu dari kalangan pengusaha sampai pejabat daerah setingkat Gubernur.

  » 18 Maret 2014
Jaket Kulit Premium Alexander McQueen untuk Bikers
Turing dengan sepeda motor tak lengkap rasanya jika tidak dibekali apparel yang garang. Seperti jaket kulit premium buatan McQ ini salah satunya.

  » 17 Maret 2014
Calvin Klein Rilis Jaket Kulit Buaya Seharga 800 juta rupiah
Calvin Klein baru saja merilis jaket biker yang terbuat dari kulit buaya berwarna navy, jaket ini dirilis secara eksklusif khusus untuk retsiler toko online SSENSE dengan harga yang sangat wow mengejutkan, yaitu USD 70.000 atau sekitar 800 juta rupiah.

  » 4 Maret 2014
Jean Paul Gaultier Rancang Jaket Kulit Punk Untuk Manula
PERANCANG busana terkemuka di dunia, Jean Paul Gaultier, merancang busana ala Punk yang dibawakan oleh para model yang sudah berumur.

  » 18 Februari 2014
Indro Warkop Hobi Pakai Jaket Kulit
Selain hobi mengendarai motor besar, Indro Warkop rupanya juga gemar mengoleksi jaket kulit. Bahkan, hobinya tersebut sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu.